Jan 10, 2011

Blogger for Safety Riding : Helm Itu Penting

Blogger for Safety Riding : Helm Itu Penting




Saya tertarik dengan lomba ngeblog ultah kedua dblogger karena temanya tentang keselamatan berkendara atau dalam Bahasa Inggrisnya Safety Riding. Karena saya punya pengalaman yang sangat menyedihkan dengan murid saya yang hampir tiap tahun ada yang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas dengan menggunakan kendaraan bermotor. Penerus bangsa yang menjadi harapan orang tua, keluarga, masyarakat, dan bangsa harus meninggal dengan sia-sia hanya akibat dari kelalaian manusianya. Mudah-mudahan dengan artikel ini pembaca dapat memetik hikmahnya.

Saya sebagai guru selalu mengingatkan murid-murid saya untuk selalu menerapkan Safety Riding. Sebenarnya kecelakaan lalu lintas dengan kendaraan bermotor bisa diminimalisir kalau saja kita sebagai penggunanya sadar akan beberapa faktor. Berikut ini saya berikan tips aman saat berkendara :
  1. Selalu menggunakan helm standar untuk pengguna motor dan telah ditetapkan oleh pemerintah. Tidak hanya untuk orang dewasa tapi juga untuk anak-anak.
  2. Kontrol emosi diri kita saat berkendara. Jangan kalau ada yeng menyalip terus kita emosi dan mengejar untuk menyalip kembali. Kecepatan yang aman saat berkendara di jalan raya sekitar 60-80 km/jam.
  3. Memakai pelindung diri seperti jaket, sepatu, sarung tangan untuk melindungi diri bila kita terjatuh.
  4. Selalu menggunakan lampu sein apabila kita mau belok ke sebelah kiri atau kanan jalan. Sehingga pengendara dibelakangnya bisa mengetahui kita akan belok ke kiri atau ke kanan tetapi jangan mendadak harus ada jarak dengan pengendara dibelakangnya.
  5. Jangan berkendara pada saat kita terpengaruh dengan alkohol atau obat-obatan yang bisa menimbulkan rasa kantuk ini sangat berbahaya dengan keselamatan kita dan juga orang lain.
  6. Pada saat kita mengerem sebaiknya dilakukan jangan secara mendadak atau tiba-tiba. Dengan pengereman mendadak ini juga bisa membahayakan pengendara dibelakangnya.
  7. Selalu berada di jalur sebelah kiri pada saat kita berkendara. Berada di jalur kanan pada saat-saat darurat saja.
  8. Patuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas bisa menghindari kita dari kecelakaan lalu lintas.
  9. Jangan berkendara dengan menggunakan satu tangan apalagi sambil lepas tangan. Kalau kita lelah sebaiknya kita berhenti sejenak kemudian kita melanjutkan kembali.
  10. Pada saat berkendara pada malam hari sebaiknya penerangan kendaraan harus cukup untuk menyinari jalan yang ada di depannya.
Memang yang menentukan mati hidupnya adalah Allah SWT tapi kita sebagai manusia harus berusaha supaya selamat dari kecelakaan lalu lintas. Mudah-mudahan dengan artikel ini pembaca dapat berkendara dengan bijak dan sadar untuk keamanan dan kenyamanan kita semua sebagai pengguna jalan.
Blogger for Safety Riding : Helm Itu Penting
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon