Aug 7, 2011

Seminar, Pameran Fotografi dan Buka Puasa Bersama Blogger ASEAN

Seminar, Pameran Fotografi dan Buka Puasa Bersama Blogger ASEAN


Dalam rangka menyambut hari jadi ASEAN yang ke-44 yang jatuh pada tanggal 8 Agustus ini. Direktorat Jenderal Kerjasama ASEAN Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia bekerjasama dengan blogger ASEAN mengadakan acara Seminar, Pameran Fotografi dan buka puasa bersama blogger ASEAN yang bertempat di Museum Bank Mandiri di Jalan Lapangan Stasiun 1 Jakarta Barat pada hari Sabtu tanggal 6 Agustus 2011.

Walaupun saya datang terlambat karena perjalanan jauh dari Indramayu dan baru sampai jam 15.05 di lokasi sebenarnya acaranya sudah dimulai dari jam 13.00. Saya ketemu dengan teman-teman blogger dari Jabodetabek dan komunitas lain seperti koprolers, dan para fotografer. Dari jadwal yang saya terima acara diawali oleh Tarian Selamat Datang kemudian Sambutan Ketua Komunitas Blogger ASEAN Indonesia yakni Iman Brotoseno dan Keynote Addres oleh Deputy Sekertaris Jenderal ASEAN yaitu Dubes Bagas Hapsoro. Kemudian dilanjutkan dengan paparan tentang Kerjasama ASEAN dengan Mitra wicara ASEAN dengan pembicara Dirjen Kerjasama ASEAN Kemenlu Djauhari Oratmangun dan Spesial Adviser ASEAN, Delegasi Uni Eropa Jan Willem Blankert dengan moderator Dubes Hazairin Pohan atau yang lebih dikenal dengan nama Haz Pohan.

Setelah pemaparan tentang kerjasama ASEAN acara dilanjutkan dengan pembukaan pameran foto blogger yang bertempat di lobby depan museum. Foto yang ditampilkan ini sangat menarik karena menggambarkan tentang kehidupan dan budaya di negara-negara ASEAN hasil jepretan para blogger. Setelah melihat-lihat foto kami kembali ke tempat seminar dan ada sesi berikutnya dengan tema “Memahami budaya ASEAN melalui dunia fotografi" dengan pembicara Barry Kusuma (Blogger) dan Deniek Sukarya (Fotografer) dengan moderator Wisnu Dewobroto (Blogger). Acara ini sangat menarik karena ternyata seorang blogger tidak melulu posting tapi juga harus mengetahui seni dalam memotret suatu objek. Dan dengan pengetahuan tentang fotografi kita bisa mengenal tradisi, budaya, aktifitas masyarakat dan obyek wisata yang menarik yang ada di wilayah ASEAN. Acara ini diikuti dengan sesi tanya jawab dari peserta seminar yang hadir sehingga acara menjadi hidup.

Sesi berikutnya setelah tema “Memahami budaya ASEAN melalui fotografi” selesai acara dilanjutkan dengan tema “Memahami budaya ASEAN melalui perjalanan wisata" dengan pembicara Shita Laksmi dan Nancy Margaretha (Couch Surfing) dengan moderator Indriyanto Banyumurti. Acara ini diisi perjalanan kedua perempuan ini mengelilingi negara-negara ASEAN. Mereka melihat keunikan masing-masing negara ASEAN mulai dari bahasa keseharian yang digunakan, agama yang banyak dianut, budayanya, transportasinya, obyek wisata, acara-acara khusus di wilayah ASEAN serta sikap dan perilaku masyarakatnya. Setelah pemaparan mereka berdua acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang banyak menanyakan seputar masalah negara-negara ASEAN.

Setelah sesi "Memahami budaya ASEAN melalui perjalanan wisata" acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang Lomba Live Twit dengan mention @aseanblogger dan sponsor @XL123 dengan hastag #trulyasean dan ternyata yang menang adalah yang paling banyak ngetwit selama acara berlangsung. Sayang saya tidak kebagian hadiah karena juara pertamanya mendapatkan hadiah BlackBerry Gemini, Juara II mendapatkan Samsung Chat dan Juara III mendapatkan Webcam. Tapi tak mengapa yang penting kita sudah berpastisipasi memeriahkan acara ini dan menjadi penyambung informasi tentang ASEAN.

Nah karena waktu sudah mendekati maghrib peserta dipersilakan pembawa acara untuk mengambil sajian tajil kolak dan tidak berapa lama waktu azan maghrib tiba semua peserta buka puasa bersama sambil menikmati film dokumenter tentang Jakarta tempo dulu yang disajikan oleh Museum Bank Mandiri. Setelah kolak habis peserta langsung menyerbu meja prasmanan untuk makan bersama. Wah seru juga acaranya dan menambah pengalaman baru tentang manfaatnya jadi Blogger ASEAN. Jadi yang belum tahu tentang Blogger ASEAN silakan klik http://aseanblogger.com atau follow twitternya @aseanblogger.

Seminar, Pameran Fotografi dan Buka Puasa Bersama Blogger ASEAN
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon